MIVO TV

Sabtu, 14 Juli 2012

Wisata Ziarah Waliyuallah di Garut : Dakwah Islam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) Melalui Kesenian Sunda

Garut terkenal dengan sebutan Swiss van Java karena hawa yang dingin,keadaan kota yang tenang dan indah seperti keadaan kota Switzerland di Eropa. Hawa kota Garut yang dingin dan sejuk dikarenakan merupkan daratan yang berada di cekungan antar gunung, yaitu komplek Gunung Guntur, Gunung Haruman dan Gunung Kamojang di sebelah barat. Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray di sebelah selatan tenggara. Gunung Cikuray, Gunung Talagabodas dan Gunung Galunggung di sebelah timur. Tidak hanya keadaan alam yang membuat Garut menjadi terkenal masyarakat Garut terkenal merupakan pemeluk agama Islam yang kuat dan taat.

Gerbang pemakaman Cinunuk tempat peristirahatan terakhir Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak)

Kedatangan saya ke Garut adalah dalam rangka bekerja. Tinggal di Garut selama empat hari, mengunjungi pusat keramaian (seperti Alun-alun kota Garut, Pasar Ceplak, Mall Garut), bertemu dan berdiskusi dengan masyarakat Garut membuatku semakin yakin bahwa suasana kebersamaan, rendah hati dan kesederhanaan adalah prinsip hidup masyarakat Garut. Ketika menginap di daerah Cipanas, lantunan ayat al Quran, shalawat dan tauziah terdengar jelas dan bergema di antara pegunungan membuat saya tak berhenti bersyukur kepada Allah atas nikmat pemandangan alam yang luar biasa dan karunia tinggal di daerah yang kental aura ke Islamannya. Lantunan al Quran dan shalawat menggunakan bahasa Arab yang beraksen Sunda dan ceramah menggunakan Bahasa Sunda. Kejadian seperti ini di Jakarta saat malam minggu sudah tidak pernah kudengar lagi. Agama Islam kemudian terasa seperti budaya Islam, menyatu dengan darah masyarakat Garut ini membuatku penasaran siapakah wali yang menyebarkan agama Islam pertama kali di Kota Garut ini.

Gerbang masuk menuju komplek makam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) dan keluarga

Untuk menjawab pertanyaan ini kemudian Aji dan Zien, teman kami dari Garut mengajak kami berziarah ke seorang yang merupakan wali Allah di kota Garut menurut sejarah Islam Sunda yaitu Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak). Beliau dimakamkan di pemakaman Cinunuk, Wanaraja, Garut. Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) wafat a Senin malam tanggal 17 Safar tahun 1317 H, atau tahun 1819 M. Makam beliau tidak pernah sepi dikunjungi peziarah baik dari dalam kota maupun luar kota. Kebanyakan peziarah yang datang di makam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) datang dalam rombongan kecil berbeda dengan peziarah yang datang ke makam walisongo di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah yang sering datang dalam rombongan besar. Menurut Aji teman saya yang asli Garut, kebanyakan peziarah Garut datang ke makam wali dalam rombongan kecil (4 sampai 8 orang) karena masing – masing mereka memiliki intepretasi akan ziarah wali yang berbeda di setiap kampung.

Apabila Sunan Ampel menyebarkan agama Islam dengan menciptakan lagu lir ilir, Sunan Bonang dengan gending, Sunan Kalijaga dengan mempopulerkan lagu tombo ati dan gending jawa maka wali Allah dari Garut yang saya ziarah ini yaitu Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) pun menggunakan pendekatan kesenian dalam menyebarkan dakwah Islam kepada masyarakat Garut. Ketertarikan Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) dalam menghaluskan rasa melalui kesenian tradisi melahirkan karya seni monumental, yaitu kesenian tradisional Boyongan. Terdapat beberapa jenis kesenian tradisi yang selalu dipagelarkan waktu itu, diantaranya: wayang golek, reog, pantun, wawacan (beluk), tembang, karinding, terbang, tari dan boboyongan.

Makam wali Allah di Garut, Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak)

Dalam pementasan semua kesenian itu senantiasa diselipkan ajaran Islam berupa petuah, suri tauladan, gambaran bagi orang-orang yang mau berbuat kebenaran, dan larangan-larangan bagi orang yang berbuat kezaliman. Kecintaannya dalam bidang ilmu pengetahuan melahirkan sebuah karya naskah sastra Sunda kuno berjudul Wawacan Jakah dan Wawacan Aki Ismun. Melalui dua media ini, Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) menyebarkan syiar Islam kepada masyarakat luas. Putra dari Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) bernama Raden Djajadiwangsa pada 1910 melanjutkan dakwah ayahnya dengan menciptakan kesenian Surak Ibra. Surak Ibra menjadi salah satu kesenian yang berasal dari jawa barat. Ketika menciptakan Surak Ibra, putra Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) yaitu, Raden Djajadiwangsa merupakan orang kuwu (kepala desa) di Kampung Sindangsari Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja Garut.

Kesenian tradisional Surak Ibra ciptaan putra dari Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) bernama Raden Djajadiwangsa ini dikenal juga dengan nama Boboyongan Eson. Pesan Surak Ibra pada awalnya adalah kesenian yang menyiratkan sindiran atau pernyataan ketidaksetujuan pada pemerintah Belanda kala itu. Dalam Surak Ibra ini juga terkandung suatu niat masyarakat Garut untuk memiliki pemerintah dan pemimpin sendiri dengan semangat bersatu antara pemerintah dan masyarakat. Digawangi oleh 40-100 pemain, Surak Ibra menampilkan pertunjukan dengan alat kesenian berupa kendang penca, angklung, dog-dog, kentungan, dan lain-lain.

Wisata Ziarah Waliyuallah Garut : Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak)

Gerbang menuju komplek pemakaman Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) dan keluarga
The gate of  Raden Wangsa Muhammad (Prince Papak) and family's grave

Wisata spiritual ziarah ke makam wali di kota Garut tidak akan lengkap tanpa mengunjungi makam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak). Berada 2,5km dari alun - alun kecamatan Wanaraja, bersebelahan dengan kantor kepala Desa Cinunuk. Makam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) dekat dengan pusat kota Garut sekitar 30 menit. Apabila dari Bandung jaraknya adalah 63 km. Ketika sampai ke Garut, untuk menuju makam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) ambil jalan yang ke kiri terus menyusuri jalan Ahmad Yani lalu ambil jalan Karangpawitan lalu belok ke kiri menuju Wanaraja (apabila belok ke kanan menuju Makam Sunan Rahmat Suci, Kian Santang, Godog).

Spiritual pilgrimage tourism in Garut will not be complete without visiting the grave of Raden Wangsa Muhammad (Prince Papak). Located 2.5 miles from the city hall of Wanaradja district, next to the Cinunuk village's head office. The grave of Raden Wangsa Muhammad (Prince Papak) very close to centeral town, Garut 30minutes. If going from Bandung, the distance is 63 km. When you come from Garut to the grave of Wali Allah, Raden Wangsa Muhammad (Prince Papak) justtake the Ahmad Yani road until Karangpawitan road then turn left into Wanaradja(when turned right towards the Holy Sepulchre of Sunan Rahmat, Kian Santang,Godog).

Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) adalah pembawa Islam di tanah Garut. Makamnya selalu ramai diziarahi, tercatat Megawati dan Gus Dur, keduanya adalah mantan Presiden Indonesia menziarahi Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak). Nama Pangeran Papak adalah sebutan untuk Raden Wangsa Muhammad yang dikenal oleh masyarakat Garut dan para peziarah lainnya.Sebelum masuk ke areal makam Cinunuk dimana makam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak) berada terdapat sumur tujuh Cinunuk. Mata air yang sangat segar ini dipercaya memiliki khasiat tertentu. Saat ini mata air tersebut telah dialirkan di keran sehingga peziarah muda untuk mandi atau sekedar wudhu sebelum masuk ke makam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak). Peziarah meyakini bahwa mata air sumur tujuh Cinunuk sebagai air karamah.

Raden Wangsa Muhammad (Prince Papak) is the bearer of Islam in the land ofGarut. His grave is always crowded from pilgrims, as recorded Megawati and Gus Dur, both of them are former President of Indonesia ever visit the grave of Raden Wangsa Muhammad (Prince Papak). Prince Papak is Raden Wangsa Muhammad’s popular name, well known by the Garut and other pilgrims. Before getting into the area where the grave of Raden Wangsa Muhammad (Prince Papak), there arewater of karamah named seven wells Cinunuk. The water of karamah is form asfresh spring water which the pilgrims believed that the water contain of efficacy.Currently these springs water have been channeled in the faucet so that thepilgrims can bathe or just to do ablutions before entering the grave of RadenWangsa Muhammad (Prince Papak). Pilgrims believe that the springs water of seven well Cinunuk as water full of karamah.

Makam Raden Wangsa Muhammad (Pangeran Papak), Cinunuk, Garut
The tomb of Raden Wangsa Muhammad (Prince Papak), Cinunuk, Garut

Bagi masyarakat sekitar sebutan Pangeran Papak lebih popular dibandingkan nama asli beliau yaitu Raden Wangsa Muhammad. Sebutan Papak untuk Raden Wangsa Muhammad dikarenakan karena tangannya papak atau rata dijari tengah dan telunjuk. Sebutan ini dijelaskan oleh teman saya, Aji yang asgar atau asli garut. Dari share di kaskus dari seseorang dengan ID alidokat, Pangeran atau Kyai Papak selalu mengunakan kelebihannya, yaitu sama ratanya kedua jarinya untuk berdakwah. "Tiada perbedaan antara manusia di mata Allah melainkan hanya amal ibadahnya. Barang siapa diantara kalian menjalankan apa yang saya ajarkan tentang ilmu kesucian, ilmu kenabian, ilmu kerasulan dan ilmu kesucian maka kalian kelak akan disejajarkan dengan para kekasih Allah / aulia Allah / wali Allah." sambil Pangeran Papak menunjukkan kedua jarinya yang tidak pendek sebelah.

For the people around Cinunuk’s grave, name of Prince Papak is more popular than his real name is Raden Wangsa Muhammad. Papak designation for Raden Wangsa Muhammad because his middle and point finger are the same height. This title is explained by my friend, Aji who asgar or native Garut (asli Garut = asgar). By share in kaskus (a social media) from someone with ID alidokat, Prince or Kyai Papak always use his two fingers as media to preach. He said "There is no difference between people in the eyes of Allah but only deeds. Whose among you practice what I teach about the knowledge of sanctity, prophetic knowledge, apostolic knowledge and wali Allah knowledge then you will eventually be aligned with the beloved of Allah / wali Allah.” while Prince Papak showing his two fingers which have same height.

Dari www.dadiahmad.blogspot.com saya mendapatkan cerita yang berbeda mengenai nama Papak. Sebutan Papak bagi Raden Wangsa Muhammad karena sikap dan prinsip beliau. Raden Wangsa Muhammad memiliki prinsip tidak pernah membeda-bedakan derajat manusia berdasarkan ajaran agama Islam. Tidak ada perbedaan antara golongan ningrat dengan golongan cacah. Hal terpenting adalah berakhlakul karimah dan mempunyai niat suci. Atas inilah mendapat julukan Pangeran Papak. Sehingga Pangeran Papak diartikan seorang yang berbudi luhur dan tidak pernah membedakan harkat derajat manusia (papak= rata, sama). Anjuran Raden Wangsa Muhammad atau Pangeran Papak kepada masyarakat adalah agar hati selalu tentram : ulah ngingu kabingung, miara kasusah, sangkan aya dina kagumbiraan manah (agar hati selalu tetap gembira).

From www.dadiahmad.blogspot.com I get a different story about the name of Papak. Papak designation for Raden Wangsa Muhammad because of his attitude and principles. Raden Wangsa Muhammad has a principle which is never discriminate against a human being based on the teachings of Islam. There was no difference between the patrician class with caste sudra. The most important thing is Akhlakul Karimah (has a good attitude) and have holy intentions. Above this, he earned the nickname as Prince Papak. So Prince Papak is defined as a virtuous and never differentiate degrees of human dignity (flat = flat, the same). Raden Wangsa Muhammad or Prince Papak or were encouraging the society is that the heart is always at ease: ulah ngingu kabingung, miara kasusah, sangkan aya dina kagumbiraan manah (so that the heart always remain happy).

2 komentar:

  1. ¬ hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_).DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

    BalasHapus
  2. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan










    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan


    BalasHapus